Grand Piano

Jumat, 16 Mei 2014

Menagis itu Bukan berarti Cengeng

Menangis. Banyak orang terutama kaum pria yang menanggap menangis adalah hal sia-sia dan cengeng. Benarkah seperti itu? Ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Saat anda berada dalam emosi tingkat tinggi, menangis adalah salah satu jalan keluar untuk menstabilkan diri. Ini sangat jauh lebih baik daripada kita marah-marah tidak karuan atau malah memendam perasaan. Anda bisa sakit karena itu.
Menangis punya beberapa efek positif. Seperti disarikan LIFE SatuHarapan.com dari Mag for Women dan New York Times berikut ini.
1.Menguatkan diri. Dengan menangis, kita bisa mengeluarkan segala emosi negatif . Hal ini lebih baik daripada marah-marah tidak karuan atau memendam dalam hati. Setelah menangis dan emosi sudah keluar, perasaan akan lebih rileks dan mengembalikan mood. Air mata yang dihasilkan  menangis karena emosi mengandung protein albumin yang berguna untuk meregulasi sistem metabolisme tubuh . Ini sangat baik untuk kesehatan jantung.oleh karena itu jangan pernah menahan tangis jika emosi sudah memuncak.
2.Membersihkan racun dan bakteriRacun dalam tubuh bisa dikeluarkan ketika seseorang menangis. Melalui air mata, seluruh racun tubuh akan keluar dan ini akan baik untuk kesehatan anda.  Hal ini dikarenakan di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90% bakteri. Anda tidak perlu obat tetes mata.
3.Menyehatkan mata. Air mata mampu menjadi antibakteri yang ampuh bagi mata. Kelembaban mata pun akan terjaga sehingga mengurangi resiko pandangan yang mudah kabur.
4.Menyehatkan hidung. Salah satu penyakit yang menyerang saluran pernapasan adalah radang sinus. Peradangan pada sinus akan mengakibatkan proses pertukaran udara pada hidung terganggu karena proses pengaturan kelembaban hidung tidak berjalan normal. Menangis membantu mengurangi tekanan yang diakibatkan sinusitis.
5.Mendekatkan diri dengan orang lain. Menangis kepada seseorang menunjukkan bahwa ia percaya kepada orang yang ditangisinya. Ini akan meningkatkan simpati dan keakraban dan dapat memecah hambatan emosional dalam diri sendiri terhadap orang lain.
Meskipun menangis mempunyai efek positif, tentu tidak harus setiap saat kita menangis. Selama masih bisa ditahan tentu sebaiknya jangan menangis. Namun jika sudah di ubun-ubun¸anda tidak diharamkan untuk menangis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar